Yang Saya Install Setelah Men-install Ubuntu 14.04

Ubuntu adalah salah satu distro linux paling populer dan memiliki komunitas yang sangat besar. Maka tidak heran jika banyak yang jatuh hati pada distro ini. Dan akhirnya tiba juga yang ditunggu tunggu yaitu rilis versi terbaru Ubuntu 14.04 LTS dengan codename Trusty Tahr. Sekarang (11 April 2014) memang belum dirilis versi finalnya, hanya kita dapat mencoba versi beta 2 dan nantinya dapat di upgrade ke versi final. Ubuntu 14.04 beta 2 dapat di unduh disini : http://releases.ubuntu.com/14.04/ . untuk versi final sendiri kabarnya akan dirilis tanggal 17 April 2014.

Lalu setelah kamu men-install, apa yang harus dilakukan? Kalau saya, saya akan melengkapi ubuntu terbaru ini dengan berbagai aplikasi yang saya butuhkan. Berikut adalah list-nya

NB: aplikasi yang saya tidak sebutkan link downloadnya berarti penginstallan dapat dilakukan dengan

sudo apt-get install nama-aplikasi

Internet

Pada kategori internet, saya mencoba menginstall:

1. Chromium browser

Chromium adalah versi open source dari software Google Chrome. Saya menginstall Google Chrome ( atau Chromium, sama saja) karena sangat menyukai fitur sinkronisasi bookmark, history, add-ons dan lainnya pada akun google yang terhubung.

2. Pidgin

Pidgin adalah aplikasi untuk chatting menggunakan akun seperti facebook, Yahoo Messenger dan sebagainya. Saya lebih suka memanggil pidgin untuk chatting dengan teman facebook saya dari pada harus selalu membuka tab facebook pada browser.

3. Xchat

Xchat juga adalah aplikasi untuk chatting. Bedanya, xchat adalah untuk chatting IRC. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang IRC bisa dibaca disini : http://en.wikipedia.org/wiki/Irc. Untuk dapat lebih mengerti tentang IRC, baca baca tulisan tentang irc di ubuntu. Untuk sekedar info, ketika menggunakan chat berbasis IRC, kita tidak perlu mendaftar seperti facebook atau lainnya, cukup menggunakan username yang kamu inginkan dan kamu bergabung pada kanal yang diinginkan.

4. Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan file yang cukup terkenal. Untuk dapat menggunakan layanannya, anda harus terdaftar pada http://www.dropbox.com. Lalu apa yang diinstall? Saya meninstall plug-in untuk nautilus ( file browser pada Ubuntu, seperti explorer pada Windows), dengan plug-in tersebut, saya bisa upload, download dan sinkronisasi data pada layanan dropbox tanpa harus membuka browser. Dropbox tidak dapat di install dengan apt-get, download dropbox : https://www.dropbox.com/install?os=lnx . Lalu lakukan

sudo apt-get install libappindicator1

Agar terdapat indicator pada panel.

5. Filezilla

Filezilla adalah aplikasi untuk transfer file ke server yang telah kita miliki. Biasanya saya menggunakan filezilla ketika saya ingin bermain main pada server website pribadi saya.

6. Skype

Skype adalah aplikasi chatting juga yang memiliki fitur video call secara gratis. Lumayan temu kangen bersama teman teman :). Skype tidak dapat di install dengan apt-get, download skype di http://www.skype.com/en/download-skype dan pilih linux.

7. Xtream Download Manager

 Bagi yang telah terbiasa dengan software Internet Download Manager (IDM) pasti merasa vamiliar dengan tampilan Xtream download manager karena memang sengaja didesain untuk itu. Kecepatan dan fiturnya pun HAMPIR mirip. Saya tekankan kata hampir untuk mengingatkan bahwa ini memang software yang berbeda, Xtream Download Manager atau biasa disebut XDM tidak dapat di install dengan apt-get, maka kamu harus download di sini http://sourceforge.net/projects/xdman/files/latest/download. Untuk menjalankan ini, kamu harus memiliki JDK terlebih dahulu.

Office

Pada kategori office, saya mencoba menginstall

1. Kingsoft Office

Bagi anda yang belum terbiasa menggunakan Libre Office, Kingsoft Office dapat anda gunakan secara gratis. Tampilan yang cukup mirip dengan microsoft office pun menjadi salah satu alasannya. Kingsoft office tidak ada di repository, maka kamu harus download di : http://wps-community.org/download.html . Kemungkinan nanti ada masalah dengan font, maka link berikut bisa membantu : http://wps-community.org/download/fonts/

2. Texmaker

Saya sedang belajar menulis menggunakan Latex. Latex sendiri adalah salah satu cara membuat dokumen menjadi lebih terstruktur. Berbeda dengan membuat dokumen dengan microsoft office atau program office lainnya, kita tidak menuliskan tulisan secara langsung, tetapi ada semacam markup language seperti pada HTML. Texmaker adalah software pembuat dokumen latex dan pengubah dokumen latex menjadi pdf.

3. Calibre

Saya memiliki perpustakaan digital di komputer saya dan saya memiliki perangkat ebook reader amazon kindle. Dengan Calibre, saya dapat mengatur ebook ebook yang saya miliki secara lebih mudah. Calibre juga menyediakan pembaca format buku elektronik seperti pdf, ebup, mobi dan sebagainya. Yang saya suka dari calibre adalah dukungan terhadap ebook reader terutama kindle, yaitu mengubah format pdf yang tidak terlalu nyaman dibaca menjadi format mobi yang sangat enak dibaca disini.

Hiburan

Siapa sih yang gak butuh hiburan? Ini yang saya install

1. Ubuntu restricted extras

Ubuntu restricted extras adalah paket yang berisi codec codec untuk memainkan file seperti mp3, mp4 dan sebagainya.

2. VLC

VLC adalah pemutar video yang sudah sangat terkenal di linux maupun windows karena kemampuannya. Entah kenapa saya menyukai aplikasi ini.

3. Steam

Saya menyukai Dota 2, maka saya harus memiliki steam client. Dan steam ini memang dibuat untuk linux.

4. Dota 2

Salah satu game yang sangat terkenal didunia. Setelah menginstall steam, saya lalu meninstall dota 2. Ada dua cara yaitu download sendiri atau ambil punya teman. Dota 2 dapat dijalankan secara lancar di linux.

5. Frets on Fire

Frets on Fire adalah game lama yang cukup mengasyikan. Permainannya seperti “guitar hero”. Yang membuat unik adalah kita disuruh bermain layaknya gitaris, dengan keyboard kita sebagai gitar.

6. World of Padman

World of Padman adalah game tembak temabakan seperti “Counter Strike” tetapi lebih imajinatif dan seru pokoknya. Download disini : http://worldofpadman.net/website/news cari dibagian kiri yang versi linux.

Belajar

Tujuan utama memiliki perangkat komputer pasti untuk menimba ilmu. Maka jangan lupa untuk install aplikasi ini

1. Geany

Geany berguna sebagai text-editor yang dilengkapi dengan syntax highlighting berbagai bahasa pemrograman dan scripting yang cukup lengkap. Geany juga ringan dan tampilannya yang simpel. Dengan install compiler yang dibutuhkan ( seperti GCC untuk bahasa C dan C++), maka geany pun dapat menjalankan program yang kita buat.

2. Build-essential

Build-essential adalah paket yang menyediakan berbagai compiler seperti GCC, G++ dan sebagainya.

4. FreeCAD

FreeCAD yaitu salah satu program desain produk (Computer Aided Design) sekaligus program alternatif untuk autoCAD.

4. Blender

Blender adalah aplikasi untuk membuat desain 3D. Saya memang ingin mempelajari desain 3D tersebut.

5. GIMP

Gimp adalah aplikasi grafis untuk membuat atau memanipulasi gambar bitmap. GIMP adalah aplikasi alternative yang cukup terkenal untuk menggantikan Adobe Photoshop

6. Inkscape

Inkscape adalah aplikasi grafis untuk membuat atau memanipulasi gambar vector. Berbeda dengan gimp yang lingkupnya pada gambar bitmap. Inkscape cukup terkenal untuk menggantikan CorelDraw.

7. Sweet Home 3D

Ingin memiliki layout rumah atau kamar yang nyaman? Gak ada salahnya jika kita mendesain terlebih dahulu di Sweet Home 3D. Aplikasi ini juga tersedia di windows.

8. Brackets

Aplikasi ini seperti geany, tetapi hanya terbatas untuk web developer. Fitur yang saya sangat suka adalah live preview, dimana kita dapat melihat perubahan secara langsung pada website yang kita buat tanpa harus me-refresh halaman website. Download bracket disini : http://brackets.io/

9. Eagle for Linux

Eagle berguna untuk desain layout PCB ( printed circuit board). Eagle sangat membantu untuk projek elektronika yang membutuhkan PCB. Download eagle di http://www.cadsoftusa.com/download-eagle/?language=en

10. QT Creator

Membuat aplikasi sangat menyenangkan. Selama ini saya hanya bisa membuat yang berbasiskan command line. Maka dari itu, saya memilih QT yang berbasiskan bahasa C++ untuk membuat aplikasi GUI.

11. Kicad

Kicad adalah aplikasi emulator elektronika. Anda bisa merangkai komponen yang telah disediakan pada library dan mensimulasikannya. Kicad adalah aplikasi alternatif untuk proteus.

12. Openshot

Openshot berguna untuk edit video secara sederhana. Tampilannya mirip dengan movie maker pada windows.

Lainnya

1. Furius ISO Mount

Untuk mount file image secara mudah .

2. JDK

Untuk menjalankan aplikasi berbasiskan java. Ikuti panduannya disini: http://stackoverflow.com/questions/14788345/how-to-install-jdk-on-ubuntulinux

3. WINE

Untuk menjalankan aplikasi windows.

4. Myunity

Untuk memodifikasi tampilan unity pada Ubuntu.

5. Mobile Media Converter

Aplikasi yang cukup berguna untuk konversi format format seperti mp4 ke mp3 dan sebagainya. Download disini: http://miksoft.net/mobileMediaConverterDown.php

============================================================

Nah, sekian aplikasi yang saya install. Semoga dapat menginspirasi anda semua.

Info tambahan:

Apakah saya cocok menggunakan linux? Lalu linux yang mana?

Ada banyak sekali versi, mana ubuntu yang harus saya download?

Apa yang baru di Ubuntu 14.04 ? http://www.omgubuntu.co.uk/2014/03/ubuntu-14-04-beta-released

Apa perbedaan Ubuntu versi LTS dan bukan?

Dibalik codename Ubuntu yang unik.

Cara meninstall Ubuntu di virtualbox, dual boot dengan windows, dual boot dengan distro linux lain, atau sendiri.

Dasar dasar menggunkan Ubuntu.

Advertisements

11 thoughts on “Yang Saya Install Setelah Men-install Ubuntu 14.04

    • Kalau disuruh pilih, saya lebih senang menggunakan versi LTS sebelumnya (12.04.04), jadi bukan 14.04 (terbaru) dan 13.10 (sebelumnya). Alasannya karena sudah nyaman pakai ini, hehe. Maklum bukan anak IT lagi jadi gak perlu ngoprek terlalu mendalam.

    • salam kenal maaf saya nyelonong komen. Blog ini bagus sekali saya suka bacanya… hehehe… saya pengguna ubuntu juga untuk saya sendiri lebih update lebih baik dilihat stabilitasnya yang paling baru unu 14.04 lebih mantap. kalaupun ada perubahan dalam tampilan, namun tidak beda jauh dengan yang sebelumnya. contohnya 13.10 dan 14.04 tidak ada perubahan yang sangat drastis.

      • Terima kasih telah mampir dan memuji blog ini 😀

        Saya juga berpikir begitu, tapi sayang beberapa aplikasi tidak tersedia untuk versi terbaru 🙂

  1. nice info gan.. ane dari dulu mau migrasi ke linux tapi terhambat karna ketergantungan sama proteus n hobi sy pake google sketchup(tulisannya benar ga ya :D). tengkyu gan

    • Kebetulan saya juga pengguna proteus. Saya memang tidak mendapatkan alternatif dari software itu maka saya jadi dual boot dengan windows yang saya isi dengan proteus dan solidworks.

      Terima kasih telah mampir

Pendapat anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s