Serunya Chatting menggunakan IRC

IRC sebenarnya adalah teknologi lama untuk chatting pada sebuah kanal ( mudahnya : sebuah room). Pada linux, terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk terkoneksi pada server IRC. Yang saya gunakan adalah Xchat. Aplikasi lain yang sejenis terdapat quassel. Kali ini kita akan mencoba chatting pada kanal #ubuntu-indonesia

Install Xchat pada ubuntu

xchat sudah terdapat pada repository, maka dapat langsung diinstall dengan cara:

sudo apt-get install xchat

Menggunakan Xchat

Bukalah aplikasi xchat pada dash, lalu akan muncul aplikasi yang menanyakan usename dan server yang kamu ingin gabung.

Screenshot from 2014-04-12 15:41:29Pada server, scroll kebawah hingga anda menemukan freenode dan pilihlah. Untuk username, anda bebas menggunakan nama sesuka hati. Anda tidak perlu membuat akun dan password untuk bergabung dengan server.

Lalu anda akan dihadapkan dengan tampilan ini ( atau sejenisnya) yang intinya menanyakan anda ingin masuk pada chanel apa.

Screenshot from 2014-04-12 15:58:10

ketikan #ubuntu-indonesia dan klik ok.

tada, selamat datang di tempat chatting pengguna ubuntu indonesia :). Sampai tahap ini, anda bisa berchatting ria (dengan etika tentunya). Tetapi jika ingin mendalami chatting, dapat melanjutkan membaca.

Mengenal lebih dalam tentang IRC

Sebenarnya saya juga baru dalam hal IRC, maka kita akan sama sama belajar :). Mohon maaf jika terdapat kesalahan ya.

Channel

Saya pernah mencoba bergabung dengan salah satu kanal, tetapi saya salah menuliskan alamatnya. Apa yang terjadi? Saya tetap terhubung dengan saya sendirian yang ada di kanal tersebut. Dari sini saya dapat menyimpulkan bahwa kita dapat membuat sendiri kanal dan mengajak orang orang untuk mengunjunginya.

User

Pada screenshot diatas, dibagian kanan adalah user yang online. Disebelah kanan user terdapat bundaran berwarna hijau, kuning dan tidak memiliki bundaran.

Untuk yang berwarna hijau adalah operator atau admin pada kanal tersebut yang mampu melakukan segala sesuatu pada kanal seperti kick, ban, mengganti topik, mute kanal (membuat semua orang tidak bisa mengirim pesan) dan lainnya. Pada screenshot, ChanServ adalah operator.

Untuk yang berwarna kuning adalah user +v (voice). User tersebut dapat mengirim pesan ketika operator melakukan mute pada kanal. Untuk yang tidak memiliki bundaran adalah user biasa.

(Sumber informasi: Chatting dengan mas Malsasa pada kanal #ubuntu-indonesia)

Lalu terdapat juga yang berwarna hitam dan abu abu. Yang berwarna abu abu adalah user yang online tetapi memberitau user lain bahwa dia sedang pergi (away). Untuk dapat melakukannya dibutuhkan command, yaitu dengan mengetikan /away pada kotak chat. Untuk mengembalikannya, anda memberikan command /back.

Registrasi Username

Kembali ke awal, ketika kita masuk menggunakan username A, kita tidak diminta konfirmasi. Bagaimana caranya agar username kita tidak bisa digunakan orang lain? Dengan cara memberikan command

/msg nickserv register your_password your_email_address

your_password diganti dengan password yang anda ingin gunakan dan your_email_address ganti dengan email anda. Selanjutnya, buka email anda dan akan ada cara untuk konfirmasi email. Tinggal copy-paste kan pada kotak chat. Dan selamat! Username anda memiliki password. Untuk dapat menggunakan username tersebut, anda perlu melakukan login dengan cara memberikan command

/msg nickserv identify AccountName Your-Password

( Sumber informasi: Baca baca di wikihow http://www.wikihow.com/Register-a-User-Name-on-Freenode )

List command yang mungkin dibutuhkan

Anda dapat melihat list yang dapat digunakan dengan memberikan command /help. Command yang biasa saya gunakan adalah:

  • /me
  • /help
  • /join
  • /away
  • /back

Untuk mengetahui kegunaannya secara lengkap bisa membaca artikel di sini : http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_Relay_Chat_commands atau http://www.ircbeginner.com/ircinfo/ircc-commands.html Nanti kalau ada waktu saya mencoba translate ke bahasa indonesia.

======================

Sekian pengenalan IRC oleh saya. Saya juga masih baru di dunia pre-IRC-an. Semoga informasi ini membantu.

Advertisements

8 thoughts on “Serunya Chatting menggunakan IRC

  1. Bismillahirrahmanirrahim.

    Dari sebuah catatan sederhana berkembang menjadi tulisan yang bagus. Itulah tulisan ini. Dengan tulisan ini, sejatinya Kang Tegar memperkenalkan kepada seluruh KPLI untuk memakai IRC. Tulisan ini butuh promosi, caranya dengan memberikan URL-nya kepada setiap orang yang bertanya soal IRC di komunitas. Jangan sungkan untuk mempromosikan Xchat, karena akang telah menulis panduannya. Terima kasih, Kang Tegar.

Pendapat anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s