Konversi Basis Angka yang dapat Di Jalankan pada Handheld Android dalam Bahasa C

Setelah membuat program convert yang dibahas pada artikel sebelumnya ( Source Code dan logika untuk Konversi Angka Biner, Oktal, Desimal dan Hexadesimal pada Bahasa C ), sekarang saya mencoba membuat aplikasi itu tidak hanya bisa jalan di desktop tapi juga di Android.

Pada dasarnya, Android menggunakan bahasa Java (ditambah ADT-nya). Tapi karena berbagai tool yang dikembangkan oleh para developer yang hebat, kini kita bisa menjalankan bahasa bahasa lain diatasnya seperti python, php, dan C/C++. Jadi tugas kita sebenarnya hanya mencari, Tool apa yang kita butuhkan?

Untuk C, saya menggunakan c4droid. Aplikasi berbayar (yang ingin saya beli apa daya tak punya cc) dengan gcc sebagai compilernya (CMIIW). Kesan saya pada aplikasi ini pertama sedikit meragukannya. Lalu saya coba men-copy source code permainan kotak 9 yang dulu pernah saya coba. Ternyata dapat dicompile tanpa ada halangan dan berjalan halus tanpa lag.

Setelah itu, saya mencoba mendownload aplikasi konversi angka yang juga dulu pernah saya buat. Ya, tetap berjalan mulus. Saya pun menghapus aplikasi biner <-> desimal karena saya punya yang lebih powerfull dan bikinan sendiri. Saat itu terkendala ketika mau eksekusi program, saya harus mencari file conv.c dan merun nya. Hal ini sangat merepotkan dan membuat waktu terbuang.

Ternyata, C4droid memiliki solusinya. Hasil compile tersebut dapat di ubah menjadi .apk. Dengan kata lain, program tersebut dapat dijalankan layaknya program pada umumnya.

Berikut dokumentasinya

Screenshot_2014-09-12-10-02-59 Screenshot_2014-09-12-10-03-24

Untuk mencoba program ini, silahkan mengunduh conv.apk disini

md5sum conv.apk : 47d618f4f43885754357d8301805c473

Pendapat anda

